Download Panduan Aplikasi Sistem Informasi Instrumen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini

Aplikasi Sistem Informasi Instrumen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini selanjutnya disingkat "IP-PAUD" ini dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerjasama dengan United Nations Children's Fund (UNICEF) melalui Program Pengembangan Anak Usia Dini yang dikelola oleh Pusat Penjaminan Mutu Pendidikan (PPMP) – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMK & PMP).

Salam Pendidikan Kesempatan Ini ijinkan Kami membagikan Buku Panduan Tentang Aplikasi PAUD, Aplikasi ini berfungsi untuk pengumpulan data capaian standar pendidikan anak usia dini (kelompok usia 4-6 tahun) di setiap satuan pendidikan pada jenjang taman kanak-kanak. Khusus pada standar tingkat pencapaian perkembangan, belum dapat digunakan untuk mengukur tingkat pencapaian perkembangan untuk anak berkebutuhan khusus.

  1. Aplikasi dapat dioperasikan pada spesifikasi minimal komputer yang ada saat ini.
  2. Aplikasi bersifat portable sehingga dapat dioperasikan tanpa proses instalasi pada media seperti harddisk eksternal atau USB Flash Disk. Karena berbasis portable, cukup duplikasi folder aplikasi IP-PAUD ke dalam komputer. 
  3. Aplikasi IP-PAUD terintegrasi dengan aplikasi pendukung yang dibutuhkan untuk pengoperasiannya, sehingga tidak diperlukan lagi proses instalasi aplikasi pendukung untuk mengoperasikannya. 
  4. Aplikasi ini didisain dengan tampilan yang mudah dipahami dan digunakan oleh para pengguna. 
  5. Aplikasi dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan, karena menggunakan prinsip modular sehingga mudah diperluas dengan modul-modul fungsionalitas tambahan dikemudian hari.

Pada halaman selanjutnya, isikan Alamat, Provinsi, Kota, Kecamatan, Kelurahan, Kode Pos, Nomor Telepon, email (sudah terisikan sesuai dengan email pada saat proses registrasi) dan Website TK anda. Untuk Kode Pos dan Website, isian ini bersifat optional atau dapat dikosongkan. Pilih tombol Selanjutnya jika telah selesai mengisikan semua. Halaman selanjutkan adalah pengisian data Pengajar dan Tenaga Pengajar (PTK) dari TK anda. Dimulai dari Kepala Sekolah, Guru, Guru Pendamping, dan Tata Usaha. Diusahakan untuk mengisikan semua jabatan yang tesedia pada aplikasi ini. Cara pengisiannya dimulai dari pengisian Nama, NIP/NUPTK (pilih salah satu saja), dan jabatan dari PTK. Untuk menambah data PTK, pilih tombol Tambah.

Bagi bapak ibu yang belum memiliki silahkan download link dibawah ini :
Download Panduan Aplikasi Sistem Informasi Instrumen Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini



Download Aplikasi Admnistrasi Guru :

    Subscribe to receive free email updates: