Format Kurikulum SD KTSP Serta KK 2013 Kelas 1 4

Salam Pendidikan Kesempatan Ini kami akan membagikan Format Kurikulum Bagi SD yang menggunakan KTSP serta Kurikulum 2013 Kelas 1 4, Format yang kami bagikan ini dalam bentuk Microsof Word Berdasarkan atas Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional menyebutkan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Tujuan tertentu dimaksud meliputi tujuan pendidikan nasional, serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan, dan peserta didik. Berdasarkan pengertian tersebut, ada dua dimensi kurikulum, yang pertama adalah rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran, sedangkan yang kedua adalah cara yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran. 



Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 mengamanatkan bahwa pembentukan Pemerintah Negara Indonesia antara lain untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk mewujudkan upaya tersebut, pasal 31 ayat (3) UUD 1845 memerintahkan Pemerintah agar mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, serta akhlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang diatur dengan undang-undang.

Oleh sebab itu penyusunan kurikulum oleh satuan pendidikan dapat memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah, dengan demikian, daerah dan atau sekolah memiliki cukup kewenangan untuk merancang dan menentukan hal-hal yang akan diajarkan, pengelolaan pengalaman belajar, cara mengajar, seta menilai keberhasilan belajar mengajar.





Download Aplikasi Admnistrasi Guru :

    Subscribe to receive free email updates: