Aplikasi KKM Kurikulum 2013 Revisi 2017 Untuk SD Format Excel

Tentunya Guru/pendidik diwajibkan membuat menyusun Kriterian Ketuntasan Minimal (KKM) dalam hal tersebut guru harus mengetahui apa saja aspek yang harus dinilai dalam pembuatan KKM, dibawah ini kami akan memaparkan sedikit tentang aspek KKM yang kami kutip dalam Buku kurikulum KTSP maupun Kurikulum 2013.

Dalam pembuatan KKM kita haruslah memperhatikan 3 aspek yaitu sebagai berikut:
  • Kompleksitas  merupakan tingkat kesulitan materi pada tiap indikator, kompetensi dasar maupun standart kompetensi. Semakin tinggi tingkat kompleksitas maka semakin kecil skor yang dipakai. Rentang nilai yang digunakan misalnya: jika kompleksitas tinggi rentang nilai yang digunakan (50-64), kompleksitas sedang (64-80), dan kompleksitas rendah (81-100)
  • Daya Dukung Faktor ini lebih ditujukan pada ketersedian sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah dalam menunjang Kegiatan Belajar Siswa. Sekolah yang memiliki daya dukung tinggi maka skor yang digunakan juga tinggi. Pada aspek daya dukung rentang nilai yang digunakan sangat fleksibel sesuai dengan kondisi sekolah. Salah satu contohnya: jika daya dukung tinggi maka rentang nilai yang digunakan (81-100), daya dukung sedang (65-80), untuk daya dukung rendah (50-64).
  • Intake  merupakan tingkat kemampuan rata-rata siswa. Intaks bisa didasarkan pada hasil/nilai penerimaan siswa baru dan nilai yang dicapai siswa pada kelas sebelumnya (menentukan estimasi).  Contoh rentang nilai yang bisa digunakan: jika intake siswa tinggi maka rentang ilai yang digunakan (81-100), intake sedang (65-80), untuk intake rendah (50-64).
Dalam memnyusun KKM tersebut harus benar memperhatikan 3 aspek diatas, langsung saja Bapak Ibu jika belum memiliki silahkan download link bawah ini :











Download Aplikasi Admnistrasi Guru :

    Subscribe to receive free email updates: