Langkah-langkah Upload Aplikasi SisPenA S/M Yang Benar

Bapak Ibu dimanapun berada kami akan membagikan beberapa Cara upload dalam SisPenA yang diambil oleh Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN S/M) adalah diluncurkannya aplikasi penilaian online yaitu Aplikasi SisPenA (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah) . Akreditasi sekolah sangatlah  hal yang wajib dan harus dilaksanakan, Akreditasi ini untuk semua Jenjang baik akreditasi TK, akreditasi SD, akreditasi MI, akreditasi SMP, akreditasi MTS, akreditasi SMA, akreditasi SMK, akreditasi MA.

Langkah-langkah Upload Aplikasi SisPenA S/M Yang Benar

Aplikasi SisPenA S/M adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web, dimana bisa akses dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet. Aplikasi ini pun tak tidak hanya bisa diakses menggunakan Laptop atau komputer tetapi bisa juga menggunakan handphone ataupun tablet yang resolusinya lebih kecil.

Dengan diluncurkannya aplikasi ini seharusnya ada sosialisasi dari pihak terkait agar semua lembaga yang berkepentingan dapat memahami cara kerja aplikasi ini, sekaligus mengetahui apakah penilaian system online ini digunakan untuk semua lembaga yang akan melaksanakan akreditasi atau tidak. Yang jelas sambil menunggu sosialisasi dan sebagai latihan berikut  langkah – langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi  SisPenA S/M
 1. Login ke laman  Disini  atau bisa pada  Disini  dan klik banner SisPenA S/M 


2. Masukkan user name dan password sekolah
Keterangan : User dan Password untuk login menggunakan NPSN sekolah masing-masing yang terdapat di data base Kemendikbud. Contoh di lembaga kami NPSN adalah 2013xxxx

3. Pilih level sekolah untuk login 



4. Isi secara lengkap form-form yang diminta




Untuk NPSN dan Password perlu mendapatkan perhatian karena NPSN dan password ini nantinya akan selalu dibuat untuk login, oleh sebab itu disarankan agar NPSN tetap untuk user name dan tak perlu dirubah, sedangkan password silahkan dirubah dengan kata atau angka yang mudah diingat. 



5. Setelah selesai mengisi lengkap Profile Sekolah. Selanjutnya akan akan masuk ke area penilaian evaluasi diri. Dalam tabel sekolah ini tampil terdapat banyak button atau tombol.  Aadapun tombol-tombol itu adalah :


  • prasyarat akreditasi    
  • input evaluasi diri sekolah 
  • IPDIP 
  •  Foto Pendukung dan 
  •  Kartu Kendali



Berikut Penjelasan dari masing-masing tombol atau menu tersebut

1). Menu Prasyarat Akreditasi
Pada menu ini akan muncul 6 form isian dokumen yang digunakan untuk memasukkan dokumen berbentuk PDF atau Doc (Dokumen) dengan cara menekan  "choose file" 

Keenam dokumen tersebut adalah:
  • surat ijin operasional, 
  • daftar siswa tiap kelas, 
  • data PTK,
  •  pernyataan pemberlakuaan kurikulum, 
  • Daftar Lulusan 1 tahun terakhir dan 
  • data sarana dan prasarana.
unggah file-file tersebut sesuai dengan kolom masing-masing.

2). Menu Input Evaluasi Diri 

Untuk menginput evaluasi diri akan muncul jendela penilaian akreditasi terhadap sekolah, sistem penilaian dimunculkan butir demi butir serta menurut standar, yang dimulai dari butir 1 pada
standar isi dan seterusnya sampai selesai.

Untuk memberikan penilaian klik langsung pilihan a,b,c,d,e yang sudah ada. Jika sudah terpilih akan berubah menjadi warna hijau. Seperti terlihat pada gambar ini. 

Klik tombol Next untuk beralih ke butir selanjutnya.

Sekolah bisa melihat petunjuk teknis untuk setiap butir pernyataan dengan mengklik tombol petunjuk teknis yang terdapat di bagian atas kanan.






Untuk penilaian butir kita bisa memilih secara langsung berdasarkan standar dan nomer butir pada setiap standar dengan mengklik tombol standar yang terdapat dibagian bawah butir pernyataan.




Proses penilaian akan dianggap selesai apabila semua butir sudah dinilai dan muncul tombol Simpan dibagian paling bawah seperti gambar dibawah ini.





Apabila anda sudah yakin dengan penilaian anda, klik tombol Simpan.  Setelah menekan tombol Ok maka penilaian evaluasi diri telah selesai dan bisa langsun melihat hasil penilaian yang telah kita lakukan dengan cara mengklik tombol "Lihat Hasil Penilaian". Pada jendela hasil penilaian akan muncul nilai pada setiap standar,
Nilai akhir dan peringkat.





Admin sekolah bisa mengedit atau merubah data evaluasi diri sekolah kapan saja dengan menekan tombol menu "Edit EDS"





Jika ingin mencetak hasil penilaian evaluasi diri klik tombol "Print Format Laporan Individu"





3). Menu IPDIP
IPDIP adalah Instrumen Pengumpulan Data dan Informasi dari  Sekolah yang bersangkutan.

IPDIP ini bisa di upload (Unggah) secara langsung digital atau dicetak dan digunakan untuk referensi asesor dalam melakukan penilaian. Klik tombol choose file  untuk memilih dokumen IPDIP dan Pilih dokumen IPDIP anda. Dan klik Submit untuk mengirim .










4). Menu Foto Pendukung


Pada menu ini mengirimkan Foto sekolah sebanyak 5 buah yang menggambarkan sarana prasana serta kegiatan belajar. Dengan mengklik menu Foto sekolah.





5). Menu Kartu Kendali

Langkah terakhir  Sekolah harus menginput kartu kendali setelah proses visitasi akreditasi oleh asesor selesai dilaksanakan.





Isi semua form yang tersedia dengan lengkap




Jangan lupa untuk memilih menu Logout apabila anda telah selesai menggunakan Sistem Aplikasi ini.





Demikian semoga manfaat, tutorial selengkapnya dapat diunduh disini, semoga apa yang kami bagikan ini bermanfaat silahkan dibagikan diseluruh pendidik diindonesia. 


Mungkin bapak ibu membutuhkan juga  :

Link Download Aplikasi Skoring Instrumen Akreditasi Tahun 2017 Berbasis Excel Untuk SD/MI (KLIK DISINI)

Link Download Aplikasi Skoring Instrumen Akreditasi Tahun 2017 Berbasis Excel Untuk SMP/MTS (KLIK DISINI)

Link Download Aplikasi Skoring Instrumen Akreditasi Tahun 2017 Berbasis Excel Untuk SMA/MA (KLIK DISINI)


Link Download Instrumen Akreditasi

Download Juga Panduan Aplikasi SisPenA S/M


Download Aplikasi Admnistrasi Guru :

    Subscribe to receive free email updates: