Administrasi PPDB / PSB Tahun 2017 / 2018

Penerimaan Peserta Didik Baru Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan atau Bentuk Lain Yang Sederajat. Sebuah peraturan agar pelaksanaan penerimaan peserta didik baru bisa berjalan secara teratur sesuai dengan perundang-undangan dan berfokus pada kepentingan pendidikan anak. Tujuan akhirnya, tentu pelaksanaan pendidikan bisa berjalan secara maksimal.

Administrasi PPDB / PSB Tahun 2017 / 2018

Bagi bapak ibu yang belum memiliki silahkan download link dibawah ini :

1. Juklak (Petunjuk Pelaksanaan)
Mengenai juklak, sudah saya share juklak resmi dari kemdikbud. Silakan anda download juklak ppdb resmi dari kemdikbud. Silakan download di sini.

2. SK Panitia PPDB
Secara administratif setiap kegiatan di sekolah harus diselenggarakan dengan kepanitiaan. Itu artinya harus ada susunan panitia yang dinyatakan dalam sebuah surat keputusan kepala sekolah atau SK Kepala Sekolah. Dengan demikian, panitia yang bekerja benar-benar legal dan mendapat payung hukum. Setiap sekolah tentu memiliki format tesendiri dalam membuat SK Kepanitiaan. Bagi yang sudah punya, tentu tidak perlu untuk mendownload dari sini. Tapi bagi yang belum punya silakan download di sini.


3. Berita Acara Pembentukan Panitia

Setiap kepanitiaan dibentuk berdasarkan musyawarah atau rapat. Nah, pelaksanaan rapat atau musyawarah tersebtu harus dibuktikan dalam sebuah berita acara. Berikut saya share contoh berita acara pemebntukan panitian PPDB, silakan download di sini.


4. Rencana Penerimaan Peserta Didik Baru

Sama dengan pengelolaan keuangan, penerimaan peserta didik baru juga harus didukung dengan dokumen perencanaan. Tentunya, perencanaan tersebut harus disesuaikan dengan kapasitas ruang yang dimiliki sekolah. Dengan demikian maka pada saat penerimaan peserta didik baru tidak akan asal menerima banyak siswa, tapi mempertimbangkan kapasitas yang telah ada dalam perencanaan. Adapun format Rencana Penerimaan Peserta Didik Baru, silakan download di sini.



Download Aplikasi Admnistrasi Guru :

    Subscribe to receive free email updates: