Download Modul PLPG

Download Modul PLPG 

Ringkasan Isi Download Modul PLPG :
Alam lingkungan manusia terdiri dari komponen - komponen makhluk hidup dan tak hidup (benda - benda mati). Kehidupan makhluk hidup tidak terlepas dari peranan alam atau lingkungan, sebagai contoh manusia dan hewan membutuhkan oksigen untuk bernafas, sedangkan oksigen dihasilkan oleh tumbuhan, manusia membutuhkan makanan yang berasal dari tumbuhan atau hewan ternak, sedangkan tumbuhan membutuhkan bantuan manusia dan kondisi lingkungan yang baik, untuk dapat tumbuh dan subur. Hal tersebut menggambarkan bahwa terdapat hubungan (interaksi) antar makhluk hidup dengan lingkungannya. Lingkungan merupakan suatu faktor yang senantiasa berinteraksi dengan makhluk hidup saling-ketergantungan-antara-makhluk.
Tidak ada makhluk hidup yang bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri, termasuk manusia. Misalnya, agar dapat bertahan hidup manusia perlu makan. Makanan manusia berasal dari tumbuhan dan hewan. Tumbuhan memperoleh makanan dari hasil fotosintesis yang membutuhkan matahari. Sementara itu, hewan piaraan dan tumbuhan tidak dapat hidup dengan baik tanpa bantuan manusia.
Hubungan saling ketergantungan tersebut jika tidak dikelola dengan baik akan mengakibatkan kerusakan lingkungan. Sebagai contoh jika tanaman tidak dirawat dengan baik, maka akan mati dan akhirnya menjadi sampah. Jika volume sampah maupun kotoran hewan berlebih (banyak sekali), maka dapat mencemari lingkungan. Sampah maupun kotoran yang mencemari lingkungan dapat mengakibatkan pencemaran udara dan akhirnya akan mengganggu pernapasan manusia.
Berkaitan hal tersebut di atas, pada materi dengan Tema Makhluk Hidup dan Lingkungan akan dibahas tentang:
1.    Lingkungan hidup bagi manusia
2.    Pengaruh pencemaran udara dalam sistem pernapasan manusia.
3.    Norma yang berlaku pada masyarakat.
4.    Geometri datar dan geometri ruang.

5.    Karakteristik Perkembangan Bahasa Anak

Download Modul PLPG 

Jika bapak ibu membutuhkan silahkan Download Modul PLPG  pada link dibawah ini :



Demikian yang bisa kami sajikan semoga bermanfaat.





Download Aplikasi Admnistrasi Guru :

    Subscribe to receive free email updates: