Kebersamaan Dalam Proses Belajar Mengajar di sekolah

Kebersamaan Dalam  Proses Belajar Mengajar di sekolah

Kebersamaan Dalam  Proses Belajar Mengajar di sekolah

Masalah belajar

Masalah belajar adalah masalah yang selalu aktual dan dihadapi oleh setiap orang. Maka dari itu banyak para ahli membahas dan menghasilkan berbagai teori tentang belajar. Tidak disangkal bahwa dalam belajr seseorangdipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor itu penting diketahui oleh para pelajar,Pendidik/pengajar maupun para pembimbing, Sehingga dapat diatur dan dikendalikan secara tepat dan benar agar proses belajar dapat mencapai hasil secara optimal.

Dalam keseluruhan proses belajar mengajar biasanya terjadi interaksi antar berbagai komponen. Masing-masing komponen diusahakan agar saling mempengaruhi sehingga tujuan pengajaran yang telah ditetapkan dapat tercapai. Salah satu komponen yang dianggap penitng/utama adalah siswa. Oleh karena itu siswalah yang harus belajar. Untuk itu, pemahaman terhadap siswa sesungguhnya sangat penting bagi guru maupun pembimbing, agar dapat menciptakan situasi yang tepat serta memberi pengaruh yang optimal bagi siswa, agar dapat belajar secara maksimal dab dapat berhasil dengan baik.

" Belajar ialah suatu proses yang dilakukan oleh system individu untuk memperoleh suatu perubahan secara keseluruhan, dan sangat bermanfaat bagi individu itu sendiri, terutama dalam upaya mengadakan interaski dengan lingkungan"

Belajar Bermakna

Setealh membahas " Pengertian Belajar" mari kita tinjau pula tentang belajar yang dikatakan bermakna. Menurut Ausuble : Bermakna atau tidaknya suatu bahan/materi pelajaran tergantung pada bahan dan anak itu sendiri, dan bukan pada metode penyampaian yang digunakan. Kunsi menuju kebermaknaan suatu kegiatan belajar menyangkut hubungan yang erat antara bahan baru dengan ide atau pengetahuan yang telah ada dalam pikiran murid.

Dalam hal ini terdapat kesejajaran antara cara menata pengetahuan dalam pikiran setelah bidang ilmu atau disiplin ilmu yang bersangkutan memiliki susunan ( Struktur konsep yang hierarkis, dari yang sederhana ke yang sulit). Proses belajar dalam dunia persekolahan bukan merupakan pengalaman belajar yang pertama bagi anak.

Kesimpulan

Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, kegiatan belajar menagjar merupakan kegiatan yang paling pokok. Ini berarti bahwa berhasil atau tidaknya pencapaian tujuan pendidikan yang telah digariskan sangat bergantung kepada bagaimana proses belajar tersebut dirancang , dan bagaimana pula kesiapan siswa sebagai peserta didik dalam menerima dan melaksanakan proses belajar yang dimaksud.

Untuk membelajarkan siswa, guru perlu mengetahui latar belakang kehidupannya, hal ini dimaksudkan agar guru mudah menghubungkan pengetahuan yang ada dalam diri siswa dengan pengetahuan yang akan diberikan, dengan demikian dapat tercipta suatu kegiatan yang bermakna.

Menurut pandangan psikologis belajar merupakan sutau proses perubahan. Secara sederhana proses belajar merujuk pada aktivitas individu. Proses belajar sebagai suatu perubahan yang terus menerus terjadi dalam perilaku sebagai hasil dari pengalaman. Agar tercapai tujuan pendidikan dan pengajaran maka guru perlu menciptakan situasi yang tepat serta memberi pengaruh secara optimal kepada siswa agar dapat melaksanakan kegiatan belajar yang bermakna.





Download Aplikasi Admnistrasi Guru :

    Subscribe to receive free email updates: